Strategi Marketing Haryadi Suyuti & Heroe Purwadi Dalam Pilwali DIY Periode 2017-2021

  • Kristina Andryani Universitas Mercubuana Yogyakarta
  • Rosalia Prismarini N Universitas Mercubuana Yogyakarta
Keywords: Pilwali DIY, Marketing Politik, Strategi

Abstract

Salah satu pasangan calon yang tampil pada Pilwali 2017 Haryadi Suyuti, yang juga menjadi walikota DIY periode sebelumnya. Menarik untuk mencermati bagaimana sebagai petahana, Haryadi mampu meyakinkan dan meraih kembali dukungan masyarakat. Dalam kesempatan itu, kedua pasangan calon juga menandatangani deklarasi Pemilukada berintegritas dan damai. Pengesahan kedua pasangan calon tersebut sebagai calon walikota, semakin menguatkan bahwa peran partai politik masih cukup penting dan signifikan dalam sebuah pemilihan di daerah. Marketing politik bukanlah proses yang instan, tetapi bertolak pada optimalisasi humas partai dan tim sukses kandidat yang dilakukan secara terus- menerus dan sistematis serta berkelanjutan dalam memberikan pendidikan dan kesadaran politik secara khusus pada warga Yogya. Bertolak dari data dan fakta, penelitian ini mengerucut pada sebuah rumusan masalah : Bagaimana strategi marketing politik Haryadi-Heroe dalam pemilihan Walikota DIY Tahun 2017?. Penelitian ini bertujuan, untuk memahami dan mengkaji strategi marketing politik Haryadi-Heroe dalam pemilihan Walikota DIY tahun 2017. Dalam penelitian ini penulis menggunakan studi kasus melalui metode pengumpulan data wawancara partisipatif dan membuat proyeksi strategi, metode dan konsep marketing politik. Meskipun diwarnai dengan beberapa persoalan dalam penyelesaian penghitungan suara dimana diduga terdapat kecurangan pada pasangan Haryadi – Heroe dalam pemilihan calon Walikota Yogyakarta periode 2017-2021 yang ditandai dengan adanya suara dari ASN (Aparat Sipil Negara), sehingga hal ini menjadi persoalan bagi KPUD dan para pendukung ke dua pasangan calon yang maju dalam pemilihan Wali Kota DIY. Namun demikian berdasarkan hasil temuan dilapangan, hal tersebut dapat diselesaikan melalui proses kerjasama yang baik antara pihak-pihak yang berkepentingan. Dengan demikian hasil akhir yang menjadi pemenang dalam pemilihan tersebut adalah pasangan calon dengan nomor urut 2.

Published
2019-02-16
Section
Articles