Hubungan Aktualisasi Diri Terhadap Keaktifan Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Remaja Kota Surakarta

  • Jahid Syaifullah Politeknik Indonusa Surakarta
  • Sudarmaji Sudarmaji Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Aktualisasi diri, Keaktifan penggunaan, Sosial Media

Abstract

Perkembangan pada masa remaja ditunjukkan dengan adanya kedewasaan (mature) pada individu. Pada masa tersebut kebutuhan untuk menentukan personal identitas atau jati diri menjadi satu kebutuhan yang sangat penting pada remaja. Salah satu langkah pada remaja untuk mencari identitas dirinya adalah dengan proses aktualisasi diri, dimana remaja berusaha mencari potensi diri yang paling ideal bagi dirinya. Proses aktualisasi diri adalah kegiatan remaja untuk menunjukkan kepada orang lain tentang keberadaan dirinya, baik dari segi fisik maupun psikologis. Seiring dengan kebutuhan aktualisasi diri remaja, perkembangan media social turut memberikan andil dalam proses aktualisasi diri tersebut. Media social instagram yang memiliki kemudahan dan kelebihan dalam menampilkan jati diri remaja khususnya dalm bentuk gambar dan video menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan aktualisasi diri remaja terhadap keaktifan penggunaan media social pada remaja.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, yaitu mendeskripskan suatu fenomena serta menganalisis ada tidaknya korelasi atau hubungan diantara fenomena tersebut, yaitu ada tidaknya hubungan aktualisasi diri dengan keaktifan menggunakan media social instagram pada remaja. Penelitian dilakukan terhadap 50 orang remaja di kota Surakarta, dimana pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner, dan analisis data penelitian menggunakan uji korelasi product moment.
Hasil uji korelasi product moment hubungan aktualisasi diri dengan keaktifan menggunakan media social instagram pada remaja diperoleh nilai rhitung sebesar 0,750 dengan nilai signifikansi (pvalue) 0,000 sehingga H0 ditolak. Keputusan uji menunjukan bahwa terdapat aktualisasi diri dengan keaktifan menggunakan media social instagram pada remaja.
Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan aktualisasi diri dengan keaktifan menggunakan media social instagram pada remaja, dimana semakin tinggi aktualisasi diri remaja, maka semakin tinggi pula aktivitas penggunaan media social instagram pada remaja. Saran penelitian yang disampikan adalah agar remaja lebih mampu menilai potensi terbaik pada dirinya serta mempelajari norma-norma di masyarakat, sehingga postingan dalam instagram tidak melanggar norma-norma dan budaya di masyarakat.

Published
2019-02-15
Section
Articles