IKLAN TELEVISI DAN ANAK (Studi tentang Iklan Susu Zee terhadap Perubahan Sikap dan Perilaku Anak di Sora Day Care Surakarta)

  • Markus Utomo Sukendar Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Iklan Televisi, Pengaruh Iklan, Susu Zee

Abstract

Iklan, khususnya yang ditayangkan di media televisi berdampak besar terhadap perilaku, nilai-nilai, norma, etika, dan kebiasaan. Bahkan iklan juga sanggup mengubah gaya hidup, terutama perilaku anak-anak. Television advertisement impacts on attitude, values, customs, norms, ethnicity, culture, religion and some other behaviors. Sometimes advertisement may change our life style; especially child’s attitude. It can shape our way of life also (Belk and Pollay, 1985: Kumaran, 1987). Selain berpengaruh terhadap perilaku anak untuk bersikap konsumtif, dan pengaruhnya terhadap perilaku makan, ternyata iklan televisi juga memicu konflik di antara anak dan orang tua terkait dengan keputusan pembelian dan penggunaan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman dan sikap anak mengenai Iklan Produk susu Zee, sekaligus pengaruh Iklan televisi Produk susu Zee terhadap perilaku anak. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa (1) Pesan Maskulinitas yang kuat dalam iklan susu Zee, membangun pencitraan dan superioritas bahwa “yang kuat berhak melakukan apapun terhadap yang lemah”, (2) Sebagai akibat dari pesan Maskulinitas yang kuat dan mendominasi, maka terbentuklah budaya “Body Shaming” yaitu budaya mempermalukan yang secara fisik di bawah/ lemah ataupun secara verbal melakukan “penghinaan” dengan merendahkan orang lain. (3) Bentuk-bentuk perilaku imitasi yang dilakukan oleh subyek A dan B di Sora Day Care dikategorikan ke dalam Copying behavior (perilaku meniru atau menyalin) yaitu meniru perilaku agresif verbal merendahkan, mengejek dan menggoda. Perilaku agresif nonverbal merebut milik anak lain yang dianggap lemah dan peran dominan dalam setiap kegiatan.

Published
2019-02-15
Section
Articles