HUBUNGAN TINGKAT MOTIVASI PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA

  • Dewi Agustini
Keywords: motivasi, Facebook, mahasiswa, hasil belajar

Abstract

Jumlah pengguna Facebook di Indonesia berada pada urutan ke tujuh terbesar di dunia dan
mencapai 23,8 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Pemanfaatan Facebook bagi
para mahasiswa relatif tinggi sementara hasil belajar rendah. Banyak mahasiswa belum
mampu memanfaatkan internet sebagai sumber belajar yang dapat menunjang capaian
tingkat hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi penggunaan
Facebok pada mahasiswa; tingkat hasil belajar mahasiswa; dan korelasi antara tingkat
motivasi penggunaan Facebook terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian menggunakan
metode diskriptif kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat
motivasi penggunaan situs jejaring sosial Facebook sebagai variabel bebas dan variabel
tingkat hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen variabel tingkat motivasi
penggunaan situs jejaring sosial Facebook dikembangkan dalam lima indikator yaitu:
kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan pribadi secara integratif, kebutuhan sosial
secara integratif dan kebutuhan pelepasan. Instrumen tingkat hasil belajar dikembangkan
dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama menjadi mahasiswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan Facebook ternyata tidak mempunyai korelasi terhadap
hasil belajar mahasiswa. Hal ini dikarenakan media Facebook belum digunakan secara
optimal dalam proses belajar mengajar dan pengguna atau mahasiswa lebih memfokuskan
pada motivasi jaringan sosial.

Published
2019-11-28
Section
Articles