STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA KEMANUSIAAN DALAM MENGGALANG DANA MASYARAKAT (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Dompet Dhuafa Yogyakarta dalam Penggalangan Dana)

  • R. Sumantri Raharjo
Keywords: Komunikasi pemasaran, Strategi Komunikasi, Fund Raising, Lembaga Kemanusiaan

Abstract

Penelitian ini berusaha mendeskripsikan strategi komunikasi Dompet Dhuafa Yogyakarta
dalam penggalangan dana masyarakat. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui strategistrategi
komunikasi Dompet Dhuafa Yogyakarta dan penerapannya dalam menggalang dana
masyarakat. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan wawancara
mendalam (depth interview), observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisa data dilakukan dengan
analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini antara lain : (1) Dompet Dhuafa Yogyakarta telah
melakukan strategi menarik (pull strategy), strategi mendorong (push strategy), dan strategi
melampaui (pass strategy) dalam melakukan komunikasi pemasaran penggalangan dana
kemanusiaan. (2) Strategi-strategi komunikasi tersebut dilaksanakan dalam bentuk komunikasi
persuasi pada perusahaan, komunikasi melalui media baru (internet), komunikasi melalui media
massa (above the line), komunikasi melalui media non massa (below the line), dan komunikasi melalui
laporan. (3) Strategi-strategi komunikasi Dompet Dhuafa dirancang untuk terus menumbuhkan
jumlah donatur baru dan mempertahankan donatur lama. (4) Strategi komunikasi yang dilakukan
Dompet Dhuafa Yogyakarta membuat kemandirian secara jangka panjang sehingga tidak bergantung
pada dana Dompet Dhuafa pusat.

Published
2019-11-28
Section
Articles