PENGARUH TERPAAN PUBLISITAS DAN TERPAAN PERIKLANAN TERHADAP CITRA LAYANAN KEPABEANAN BARANG KIRIMAN IMPOR PADA KANTOR POS LALU BEA YOGYAKARTA

  • Yusuf Safingi, Sutopo, Yulius Slamet
Keywords: terpaan publisitas,, terpaan periklanan, persepsi consignee,, citra layanan

Abstract

Publisitas dan periklanan merupakan bagian dari komunikasi massa. Dimana publisitas dan
periklanan bermaksud menyebarkan suatu informasi tertentu kepada publik menggunakan media
massa. Publisitas dan periklanan yang dilakukan secara intens dapat mempengaruhi persepsi khalayak,
tentunya yang diharapkan adalah timbulnya persepsi yang positif, mempertahankan persepsi yang baik
dan merubah persepsi yang negatif. Jika semua hal tersebut dapat dikelola dengan baik, tentunya yang
diharapkan selanjutnya adalah terciptanya citra yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang secara teoritis diduga
berpengaruh terhadap citra layanan, yaitu terpaan publisitas dan terpaan periklanan dengan dimediasi
oleh persepsi consignee. Permasalahan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1)
Pengaruh terpaan publisitas terhadap citra layanan, 2) pengaruh terpaan periklanan terhadap citra
layanan, 3) Pengaruh persepsi consignee terhadap citra layanan, 4) Pengaruh terpaan publisitas
terhadap citra layanan dengan persepsi consignee sebagai variabel mediasi, dan 5) Pengaruh terpaan
periklanan terhadap citra layanan dengan persepsi consignee sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini dilakukan di Kantor Pos Lalu Bea Yogyakarta dengan menggunakan metode
penelitian kuantitatif. Responden sebanyak 100 orang, metode pengambilan sampling menggunakan
jenis Accidental Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknis analisis data
utama untuk pengujian hipotesis menggunakan Part Least Square-Path Modelling (PLS-PM).
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan publisitas
terhadap citra layanan (nilai t-statistik sebesar 2,3993). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
terpaan periklanan terhadap citra layanan (nilai t-statistik sebesar 0,5186). Terdapat pengaruh yang
signifikan antara persepsi consignee terhadap citra layanan (nilai t-statistik sebesar 8,3743). Terdapat
pengaruh yang signifikan antara terpaan publisitas terhadap citra layanan dengan persepsi consignee
sebagai variabel mediasi (nilai pengaruh total sebesar 0,5149). Dan tidak terdapat pengaruh yang
signifikan antara terpaan periklanan terhadap citra layanan dengan persepsi consignee sebagai variabel
mediasi (nilai pengaruh total sebesar 0,1857).

Published
2019-11-28
Section
Articles