PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA

  • Mohammad Qoyim
Keywords: motivasi,, ,komunikasi interpersonal, mahasiswa, hasil belajar

Abstract

Dunia Pendidikan sudah tidak terbantahkan lagi arti penting kehadiran pendidikan
karena manfaatnya yang sangat besar bagi upaya pencerdasan masyarakat baik yang
tinggal di perkotaan, pedesaan dan tidak mengenal status sosial, semua memerlukan
pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi melalui komunikasi
interpersonal pada mahasiswa; tingkat hasil belajar mahasiswa; dan korelasi antara tingkat
motivasi komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian
menggunakan metode diskriptif kuantitatif korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah
tingkat motivasi melalui komunikasi interpersonal sebagai variabel bebas dan variabel
tingkat hasil belajar sebagai variabel terikat. Instrumen variabel tingkat motivasi melalui
komunikasi interpersonal dikembangkan dalam lima indikator yaitu: kebutuhan kognitif,
kebutuhan afektif, kebutuhan pribadi secara integratif, kebutuhan sosial secara integratif dan
kebutuhan pelepasan. Instrumen tingkat hasil belajar dikembangkan dari Indeks Prestasi
Kumulatif (IPK) selama menjadi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan Facebook ternyata tidak mempunyai korelasi terhadap hasil belajar mahasiswa.
Hal ini dikarenakan media Facebook belum digunakan secara optimal dalam proses belajar
mengajar dan pengguna atau mahasiswa lebih memfokuskan pada motivasi jaringan sosial.

Published
2019-11-28
Section
Articles