POLA KOMUNIKASI WORD OF MOUTH (WoM) BRAND INDOSAT OOREDOO MELALUI MEDIA TWITTER

  • Markus Utomo Sukendar
Keywords: word of mouth, twitter, Indosat Ooredoo

Abstract

Perkembangan konsep komunikasi dalam pemasaran melahirkan bentuk baru yang
dinamakan konsep marketing 3.0. Di dalam pola komunikasi pemasaran yang dibangun dari
interaksi baik secara pribadi maupun kelompok dengan menggunakan bentuk baru dari
teknologi komunikasi, yang dikenal dengan New Wave Technology. Dalam pandangannya,
Kotler beranggapan bahwa New Wave Technology memungkinkan terciptanya bentuk
konektivitas dan interaktivitas yang pada akhirnya membentuk pola komunikasi word of
mouth yang secara tidak langsung menjadi bentuk baru bagi promosi dalam memperkuat
posisi merk dan citra merk, dalam hal ini brand Indosat Ooredoo. Penelitian yang dilakukan
oleh Nielsen pada tahun 2007 di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kepercayaan
konsumen sangat dipengaruhi oleh rekomendasi dari orang lain. Dalam hal ini, terkait dengan
pola komunikasi yang melibatkan orang-per-orang. Hal inilah yang melandasi peneliti dalam
merumuskan bentuk komunikasi word of mouth di media twitter, dan secara spesifik untuk
mencari jawaban pola komunikasi word of mouth brand Indosat Ooredoo melalui media
Twitter. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa Media Sosial Twitter bisa menjadi
sebagai sarana yang efektif untuk membangun Pola komunikasi word of mouth yang efektif
bagi brand/ merk Indosat Ooredoo.

Published
2019-11-28
Section
Articles