Pengaruh Misbehavior dan Kompetensi Komunikasi Pengajar terhadap Kredibilitas Pengajar

  • Stefanus Khrismasagung Trikusumaad
Keywords: Kredibilitas Pengajar, Misbehavior, Komunikasi Instruksional, Kompetensi Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat suatu tipologi yang menjelaskan pengaruh kombinasi misbehavior
dan kompetensi komunikasi pengajar terhadap kredibilitas pengajar. Tipologi tersebut akan
menempatkan kredibilitas pengajar dalam tabulasi silang di antara kompetensi komunikasi dan
misbehavior dalam kategori tinggi dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode survey, yang
dilakukan terhadap mahasiswa Reguler A dan B Akademi Analis Kesehatan Nasional tahun akademik
2015/2016. Sampel berjumlah 148 mahasiswa dari tingkat I-III, diambil dengan cara stratified random
sampling. Untuk menguji pengaruh Misbehavior dan kompetensi komunikasi pengajar terhadap
kredibilitas pengajar menggunakan analisis regresi ganda. Selanjutnya digunakan Kruskall Wallis dan
Mann Whitney test untuk uji beda pengaruh kombinasi misbehavior dan kompetensi komunikasi
terhadap kredibilitas pengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh misbehavior dan
kompetensi komunikasi terhadap kredibilitas pengajar. Serta terdapat berbedaan persepsi terhadap
kredibilitas pengajar dalam perbandingan kombinasi misbehavior dan kredibiltas pengajar

Published
2019-11-28
Section
Articles